My E-Life Styles

It's A Digital life Experience

Tips upload gambar dari ponsel

| 2 Comments

Pernahkah anda menyadari ketika mengupload gambar dari ponsel, misalkan ke Facebook, memerlukan waktu yang cukup lama padahal kondisi sinyal cukup baik. Selain itu pulsa ponsel terkuras cukup banyak.

Secara umum telah diketahui bahwa operator seluler memberlakukan harga sekian rupiah untuk sekian kilobyte yang ditransaksikan. Itu berarti data yang dikirim dan diterima dikalikan dengan harga per kilobyte, sekianlah pulsa anda terpotong.

Agar tidak mengalami masalah tersebut, bisa dilakukan editing sederhana gambar langsung dari ponsel. Memotong bagian yang tidak diperlukan dan merubah ukurannya menjadi lebih kecil, sehingga lebih efektif. Orang-orang tidak akan begitu jelas memperhatikan hal ini karena juga seringkali tidak dilihat pada ukuran maksimal, dilihat pada ukuran yang cukup jelas saja.

Sekarang, rata-rata hasil foto dari kamera ponsel sudah melebihi resolusi 640 x 480 atau resolusi VGA, tetapi bidang viewer gambar yang ada…. misalkan di Facebook juga sekitar resolusi tersebut. Jadi tidak ada gunanya mengupload ukuran foto asli yang sangat boros kapasitas. Kecuali foto yang anda upload diletakkan pada album foto atau image hosting yang nantinya akan dicetak.

Yang berikut ini saya contohkan adalah editing sederhana menggunakan ponsel Nokia Symbian 6120c yang termasuk S60 v3.

edit picture: resize

Pada foto yang akan diupload, tekan pilihan dan pilih terapkan efek. Disana ada menu-menu untuk editing foto. Akan digunakan menu croping (memotong bagian yang tidak digunakan) dan resize (merubah ukuran foto).

 

 

edit picture: resize

Lakukan pemotongan (croping, icon paling tengah) dan rubah ukurannya (icon paling kanan tengah) menggunakan resolusi yang lebih kecil, maksimal 640 x 480. Yang sedikit lebih kecil pun masih jelas terlihat.

 

 

 

edit picture: resize

Jika sudah, simpan, dan upload. Disini metode yang saya gunakan adalah upload dengan mengirim email.

Anda akan merasakan pulsa lebih hemat tapi tetap bisa memamerkan foto-foto anda ke teman-teman.

Author: vmancer

I liked the world of mobile phones, computers, and software. which I will discuss here.

2 Comments

  1. Pingback: Hello world! « Asiungwong's Blog

  2. asiung…
    tengkyu pingback-nya…

Leave a Reply