My E-Life Styles

It's A Digital life Experience

Life Analog in Digital World

| 0 comments

Mungkin yang terbiasa dengan dunia komputer dan internet tidak akan kebingungan bagaimana memasukkan gambar dengan mudah pada suatu dokumen semisal laporan, kemudian dikirimkan melalui email kepada atasan yang berada di tempat lain. Sebagian lagi yang tidak begitu mengenal komputer dan internet akan susah membayangkan bagaimana suatu laporan tersebut bisa diterima dengan cepat dan seketika.

Jaman dulu suatu dokumen atau berita dikirimkan secara langsung dengan perantaraan manusia atau binatang (merpati pos) untuk sampai pada si penerima. Cara ini memiliki berbagai kelemahan. Tidak bisa mengirimkan dalam jumlah yang banyak, cepat, dan tepat waktu.

Seiring perkembangan jaman, data analog tadi diubah menjadi data digital sehingga bisa dikirimkan dengan mudah melalui perantaraan gelombang radio dan elektromagnetik, dan di tempat tujuan diubah lagi menjadi data analog.

Format umum untuk dokumen teks yang dikirim melalui internet, salah satunya adalah format PDF. Ada berbagai software yang bisa digunakan untuk menyimpan dokumen dalam format PDF. Online maupun offline. Bahkan pada beberapa software office disertakan kemampuan untuk membuat dan mengedit dokumen PDF.

Walaupun begitu, untuk dokumen penting tetap diperlukan dalam format analog dan digital. Format digital digunakan agar bisa diterima dan digunakan dengan lebih cepat, sedangkan data analog digunakan sebagai cadangan (backup) seandainya data berformat digital rusak.

Author: vmancer

I liked the world of mobile phones, computers, and software. which I will discuss here.

Leave a Reply